Wisata Pantai Parangtritis Jogja Rekomendasi Agenda Liburan Sehari Semalam
1 0
Read Time:3 Minute, 54 Second

Wisata Pantai Parangtritis Jogja – Menikmati hari libur di akhir pekan dengan berwisata ke pantai Parangtritis memang dapat membuat pikiran kembali jernih, serta dapat mengobati lelah selama sepekan berkutat dengan pekerjaan. Terutama berlibur ke pantai Parangtritis tentunya akan semakin lengkap dengan mengajak sanak keluarga atau pasangan.

Keindahan pantai Parangtritis Jogja, fasilitas lengkap dengan berbagai kuliner serta banyaknya jenis spot wisata yang disediakan oleh pengelola pantai Parangtritis akan memberimu pengalaman yang sangat istimewa.

Yang pasti, asalkan kamu mengikuti protokol keamanan dan tidak berkerumun, dijamin deh, edisi liburanmu bakalan menjadi wisata yang tidak terlupakan.

Wisata Pantai Parangtritis Jogja Rekomendasi Agenda Liburan Sehari Semalam
Wisata Pantai Parangtritis Jogja: Rekomendasi Agenda Liburan Sehari Semalam | dok: indonesia.travel

Lokasi Pantai Parangtritis Jogja

Pantai Parangtritis terletak di desa Parangtritis, Kepanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke Pantai Parangtritis, kamu membutuhkan sekitar setengah sampai satu jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta atau dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo.

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, yakni sekitar 27 kilometer dari Bandara Yogyakarta Airpot ke pantai Parangtritis.

Selain dikenal dengan keindahan wisata pantai dengan horizon laut yang begitu menakjubkan, pantai Parangtritis juga telah menjadi ikon pariwisata Provinsi Yogyakarta.

Banyak dari pengunjung objek wisata di daerah pantai selatan ini yang rela datang dari jauh seperti Bandung, Semarang, dan Surabaya hanya demi menikmati suasana pantai selatan yang lengkap fasilitas serta terjamin keamanannya.

Cara Menuju Pantai Parangtritis

Jika kamu naik kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, kamu dapat melintasi rute melalui jalan Jogja-Parangtritis dari arah kotamadya.

Cukup mengikuti jalan raya lurus ke arah selatan, tak perlu menunggu lama pasti kamu akan segera sampai ke pintu gerbag Pantai Parangtritis.

Akan tetapi, kamu juga bisa masuk dari arah barat melalui daerah jalur selatan.

Harga Masuk Pantai Parangtritis

Di pintu masuk objek wisata parangtritis, biasanya pihak retribusi pantai Parangtritis akan menarik biaya masuk sekitar 10 ribu hingga 20 ribu per orangnya.

Jika beruntung kamu bisa masuk secara gratis jika karyawan yang bertugas belum datang di pagi hari. SatuJejak merekomendasikan waktu yang paling baik untuk berkunjung ke objek wisata ini yaitu di pagi sebelum jam 09.00

Ya, di jam tersebut kamu bisa mengisi waktu sarapan dengan kuliner khas pantai, ya, seafood. Banyak tempat makan yang bisa kamu singgahi di dekat objek wisata tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis: Rp. 10.000 – Rp. 20.000 per orang.

Agenda Wisata Saat Berlibur di Pantai Parangtritis

Inilah agenda wisata yang dapat kamu lakukan di sekitar pantai Parangtritis:

Berenang di Pantai Parangtritis

Setelah selesai dengan acara santap pagi, kamu bisa melanjutkan untuk pergi ke tepi pantai sambil merasakan sensasi air laut yang segar bertemu dengan kulit tubuhmu.

Eits, jangan lupa untuk membawa baju ganti ya, juga jangan khawatir, selama kamu tidak mencoba untuk berenang ke tengah, pastinya kamu bisa menikmati wisata pantai dengan aman dan nyaman.

Berteduh Pantai Cemara Sewu

Untuk menikmati waktu yang lebih lama berada di pantai parangtritis, sementara sinar matahari semakin menyengat, kamu bisa melanjutkan edisi liburanmu dengan pergi ke taman cemara yang ada di dekat sana, yakni Pantai Cemara Sewu.

Di tepi pantai Cemara Sewu kamu bisa menggelar tikar di bawah rindang pohon cemara bersama keluarga atau pasangan dengan kegiatan santap siang, wah menyenangkan bukan?

Suasana Romantis Bukit Paralayang

Untuk menutup edisi liburan di sore hari, kamu bisa memilih untuk mengunjungi bukit Paralayang yang terletak di dusun Watu Gupit, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul.

Hanya perlu naik ke arah timur pantai Parangtritis dengan waktu tempuh sekitar 15 sampai 30 menit saja untuk tiba di bukit Paralayang.

Akan tetapi, kamu tetap perlu hati-hati untuk menempuh rute ke sana, sebab jalan naik lumayan curam dan banyak dilalui kendaraan besar seperti truk dan bus pariwisata.

Di bukit Paralayang, kamu dapat menikmati suasana romantis yang tiada duanya, melihat pesona mentari terbenam.

Keindahan Alam Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta
Inilah Keindahan Alam Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta | dok: wisatainfo.com

Wisata Kuliner di Sekitar Pantai Parangtritis

Menikmati pemandangan indah Pantai Parangtritis, tentunya tidak akan lengkap jika kamu tidak mencoba jajanan kuliner di sana.

Ada banyak pilihan tempat makan yang bisa kamu kunjungi, di antaranya adalah Rumah Makan Seafood Morotuman, RM Bu Aminah, dan RM Cita Rasa.

Penginapan di Sekitar Pantai Parangtritis Yogyakarta

Jika masih kurang puas dan perlu mencari penginapan, jangan khawatir, dengan membayar biaya kurang dari 500 ribu Rupiah saja, kamu bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar pantai Parangtritis dengan view pantai yang syahdu.

Harga Penginapan di Parangtritis: Rp. 300.000 – 500.000 per malam.

Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta

Benar saja, pemandangan alam malam hari berteman cahaya rembulan akan memberimu penutup edisi liburan yang sempurna. Sehingga keesokan harinya kamu dapat melanjutkan perjalanan wisata lain atau pulang dengan perasaan puas.

Selama kamu di daerah Parangtritis, sekalian juga kamu coba bermain selancar pasir di wisata selancar Gumuk Pasir – Pantai Parangkusumo, pasti seru!

Bagaimana, tertarik untuk pergi berlibur ke Pantai Parangtritis Jogja dalam waktu dekat?

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %