Watu Payung Gunung Kidul Jogja Wisata Hutan Pinus
2 0
Read Time:2 Minute, 52 Second

Wisata Watu Payung Gunung Kidul | Yogyakarta – Berjalan-jalan memandangi keindahan alam pepohonan merupakan pesona tersendiri bagi wisatawan dari tengah kota. Sekian lama berjibaku dengan pekerjaan yang melelahkan, paling tepat untuk menghabiskan waktu libur dengan refreshing bersama hijaunya alam pepohonan. Selain dapat merasakan atmosfer udara segar yang nol polusi kendaraan, telingamu juga dapat merasakan rileks dari suara bising kendaraan yang terdengar sehari-hari.

Sayangnya, wisata alam dengan pepohonan yang rindang sulit sekali kita temui. Jikalau ada, kamu harus mengeluarkan tenaga ekstra dan membawa perbekalan yang merepotkan untuk bertahan hidup di hutan dan pegunungan.

Namun, pilihan untuk pergi jalan-jalan ke daerah Kabupaten Gunungkidul bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak ingin repot-repot membawa banyak bekal dan kesulitan menempuh medan.

Jalan masuk ke Kabupaten Gunungkidul bisa diakses melalui kecamatan Parangtritis – Purwosari, Imogiri – Panggang, Piyungan – Pathuk, ataupun Denggung – Pathuk. Keempat pintu masuk dari Kabupaten Bantul ke Gunungkidul tersebut memiliki jarak sekitar 20 kilometer lebih dari pusat kota Yogyakarta.

Lain daripada yang lain, di Kabupaten Gunungkudul, alam perbukitan dengan pohon-pohon jati serta sungai yang ada di sana sebagian besar masih terjaga. Masyarakat turut membudidayakan aneka jenis tanaman yang hidup di sana.

Watu Payung Gunung Kidul Jogja Wisata Hutan Pinus
Watu Payung Gunung Kidul – Jogja: Wisata Hutan Pinus | dok: lensanasrul.com

Wisata Alam Watu Payung Gunung Kidul – Jogja

Untuk mengunjungi pemandangan hutan klasik dengan pohon pinus yang menjulang tinggi di sekeliling kita, pilihan untuk pergi ke desa Turunan, Kecamatan Panggang, Gunungkidul merupakan destinasi wisata yang pas.

Wisata Alam Watu Payung Gunung Kidul ini lengkap dengan berbagai jajanan yang menemani edisi wisata liburan.

Tidak perlu bersusah payah membawa perlengkapan mendaki, cukup berjalan kaki dengan tangan kosong, kamu sudah mendapatkan pemandangan yang indah sesuai dengan ekspektasimu.

Tempat Wisata Yogyakarta daerah Gunung Kidul

Pepohonan pinus yang tumbuh tinggi memenuhi lahan seluas kurang lebih 10 hektar di Watu Payung sudah dikelola pihak daerah setempat untuk dijadikan objek wisata.

Wisata alam Watu Payung yang terletak di desa Turunan Kecamatan Panggang ini menyediakan keindahan hutan pinus yang tak kalah menarik dari wisata alam di pegunungan maupun di pantai. Sangat cocok untuk mengisi waktu libur di akhir pekan bersama keluarga berpiknik di sana.

Jika di pegunungan kamu beresiko kedinginan, dan di pantai kepanasan, di wisata alam hutan pinus Watu Payung akan memberimu kesejukan hutan yang alami. Kamu tidak perlu takut kepanasan, sebab dedaunan di atas pohon membentuk kanopi.

Ketinggian gunung Sewu, yakni perbukitan yang ada di sisi selatan Gunungkidul mencapai kurang dari 300 meter dari permukaan laut. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir hawa dingin, dan juga tidak perlu membawa pakaian yang tebal.

Di Watu Payung hanya akan ada semilir angin perbukitan serta pemandangan alam luas di sisi utara objek wisata.

Wisata Hutan Pinus Watu Payung Gunung Kidul Yogyakarta
Keindahan Wisata Hutan Pinus Watu Payung Gunung Kidul – Yogyakarta | dok: desawisata.com

Tarif Masuk Watu Payung Gunung Kidul – Yogyakarta

Tidak kalah menariknya dari wisata pantai dan pegunungan, di Watu Payung kamu juga akan mendapatkan pengalaman mengesankan dengan hanya membayar tarif masuk sekitar lima ribu Rupiah per orang.

Untuk tarif parkir di lokasi Watu Payung, pihak pengelola yang terdiri dari masyarakat juga hanya akan menarik biaya parkir yang tidak lebih dari tiga ribu rupiah per kendaraan.

Tarif masuk Watu Payung Gunung Kidul: Rp. 5.000 per orang

Tarif parkir di Watu Payung: Rp. 3.000 per kendaraan

Kuliner di Tempat Wisata Watu Payung

Sedangkan untuk kuliner atau oleh-oleh yang bisa kamu jelajahi di Watu Payung ada berbagai jenis tanaman hias, bonsai, wisata kuliner seperti sate ayam, ayam bakar, dan banyak lagi lainnya.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke wisata alam hutan pinus Watu Payung Gunung Kidul – Yogyakarta?

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %