Breksi Gunung Kidul Wisata Alam Tambang Batu Kapur di Jogja
1 0
Read Time:2 Minute, 27 Second

Wisata Breksi Gunung Kidul | Yogyakarta – Mengunjungi tebing breksi di sela-sela waktu libur panjang bisa menjadi pilihan wisata yang menarik tahun ini. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu Rupiah per orang, kamu bisa menikmati keindahan alam buatan sisa-sisa tambang kapur di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tarif Masuk wisata Breksi Gunung Kidul Rp. 10.000 /orang.

Sejak dihentikannya segala aktivitas pertambangan kapur di wilayah Breksi desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini telah menarik banyak wisatawan untuk melihat keindahan alam tersebut.

Tidak disangka-sangka, tempat pertambangan batu kapur terbengkalai yang dibiarkan begitu saja oleh pengelolanya kini menjadi salah satu objek wisata yang cukup terkenal.

Wisata Tambang Batu Kapur Breksi Gunung Kidul – Yogyakarta

Material kapur raksasa yang berada di perbatasan di kabupaten Gunungkidul tersebut merupakan sisa-sisa erupsi gunung api purba yang terletak di Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Abu yang keluar dari mulut gunung api puluhan juta tahun lalu membuat lahan di daerah tersebut kaya akan sumber daya alam tambang.

Lamanya waktu berlalu, proses pengendapan alami yang didukung oleh perubahan cuaca membuat abu yang tadinya berbentuk pasir menjadi solid. Batuan tersebut membentuk tebing raksasa di sekitar desa Sambirejo yang luasnya melebihi tiga kali lapangan bola.

Pengunjung dapat menikmati wisata tambang batu kapur Breksi ini kapan saja. Bahkan warga sekitar sendiri sering datang hanya sekedar mampir saat jalan-jalan pagi bersama anak-anak atau pasangan mereka.

Wisata Breksi Gunung Kidul sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto bagi pasangan yang ingin melakukan foto prewedding. Dijamin tidak akan nyesel deh, selain menawarkan keindahan alam tebing  breksi, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan pengalaman menarik berupa sejarah gunung api purba yang ada di kabupaten Gunungkidul.

Kejadian puluhan juta tahun lalu membentuk alam yang sangat indah. Memberi kita pelajaran bahwa alam membutuhkan proses yang sangat lama untuk menciptakan keindahan seperti ini, sementara manusia hanya butuh waktu hitungan bulan untuk menghancurkan semuanya.

Breksi Gunung Kidul Wisata Alam Tambang Batu Kapur di Jogja
Breksi Gunung Kidul: Wisata Alam Tambang Batu Kapur di Jogja | dok: wisatainfo.com

Sejarah Tambang Batu Kapur Breksi

Pertambangan batu kapur Breksi awalnya dilakukan untuk mengeruk material kapur yang melimpah di dalam bebatuan tersebut. Hingga memasuki tahun milenial, seluruh aktivitas pertambangan kapur yang ada di daerah Yogyakarta, baik di Sleman maupun di Gunungkidul dihentikan oleh Unesco.

Menurut Unesco, tebing dengan bebatuan kapur tersebut adalah warisan dunia yang harus dijaga kelestariannya, tidak boleh ditambang dan dirusak lebih jauh lagi.

Bahkan di daerah-daerah pedesaan yang ada di Gunungkidul, kamu dapat menyaksikan betapa luasnya bukit kapur dan bekas-bekas pertambangan yang ada di sana. Sisa-sisa tersebut membentuk goa-goa yang besar dan dalam.

Saat kamu mengunjungi wisata tambang batu kapur Breksi yang ada di Kabupaten Sleman, jangan lupa juga untuk mampir ke tempat wisata gunung api purba Nglanggeran Gunung Kidul yang berada di sisi Timur tebing Breksi.

Wisata Breksi Gunung Kidul – Jogja

Banyak dari wisatawan yang sudah membuktikan sendiri bagaimana mereka mendapatkan pengalaman menakjubkan dari keunikan tambang batu kapur Breksi.

So, saat kamu berkunjung ke Jogja, sediakan waktu ya untuk berkunjung ke wisata Breksi Gunung Kidul!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %