Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul Yogyakarta
0 0
Read Time:5 Minute, 32 Second

Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul, Yogyakarta – Selain disebut kota pendidikan, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu kota yang menyajikan banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya itu, kuliner serta pernak pernik yang terbilang cukup murah menjadikannya semakin banyak didatangi wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.

Tak jarang, ada wisatawan manca negara yang melintas hanya demi menikmati suasana ramah dari penduduknya, menikmati kuliner khas Yogyakarta, dan melihat pantai-pantai yang ada di sepanjang pesisir selatan.

Dan bagi wisatawan domestik, tentu sudah tidak asing lagi dengan budaya masyarakat Yogyakarta yang ramah dan bersahabat. Suasana kota yang damai menjadi pelengkap edisi liburan bagi para wisatawan untuk melepas sejenak pikiran mereka dari segala kesibukan bekerja.

Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul Yogyakarta
Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul Yogyakarta | dok: Instagram

Mulai dari wisata pegunungan Merapi, perbelanjaan tradisional di sekitar Tugu, wisata Kilometer 0, Malioboro, Pantai Parangtritis, hingga wisata alam di Gunungkidul, menjadi pilihan tak terbatas bagi kalian yang mau menghabiskan libur panjang di ‘Kota Gudeg’ ini.

Soal penginapan, kamu tidak perlu khawatir lagi, tarif satu malam untuk satu kamar di hotel sekitaran kota Yogyakarta ini terbilang cukup terjangkau. Mulai dari 100 hingga 500 ribu, itu untuk penginapan kelas hotel, kalau mau yang lebih murah, banyak penginapan yang lokasinya dekat dengan pantai. Eits, tentu saja kualitasnya tidak kalah dengan hotel. Dijamin lengkap!

Rute Wisata Menuju Pantai Gesing

Bagi kamu yang ingin mencari wisata alam selain Gunung Merapi, pilihan untuk berkunjung ke Gunungkidul tentu akan sangat cocok. Meski tidak memiliki suasana ‘khas’ pegunungan seperti Gunung Merapi dan dataran tinggi Dieng, pemandangan kota dari atas Bukit Bintang kecamatan Patuk cukup untuk memuaskan mata. Terutama di waktu malam, pemandangan kota dari atas terasa sangat syahdu dengan berbagai sajian kuliner yang bisa kita coba di Bukit Bintang.

Selanjutnya, dari perbatasan atau gapura kabupaten Gunungkidul, kamu membutuhkan waktu sekitar kurang lebih setengah jam untuk sampai ke pusat kota. Setelahnya, kamu akan melanjutkan perjalanan ke selatan, yakni ke arah pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Nah, di sepanjang perjalananmu ke pantai gesing, kamu akan mendapatkan view alam yang luar biasa. Mulai dari pedesaan yang klasik, areal pertanian di tanah merah yang kering, serta pemandangan bukit-bukit yang berjajar dari ujung barat ke ujung timur, indah bukan?

Sebelum sampai ke kecamatan Panggang, kamu pasti akan melewati Suaka Margasatwa di daerah kecamatan Playen. Jalan yang akan kamu lewati nantinya memotong area hutan yang rindang. Pepohonan berjajar di kanan-kiri badan jalan, ranting-ranting dan dedaunan membentuk sebuah kanopi tepat di atas kepala. Sehingga, cuaca sepanas apa pun bila kamu melewati daerah Suaka Margasatwa tersebut pasti akan terasa sejuk luar biasa. Dan jangan khawatir, tidak akan ada satwa berbahaya yang melintas di jalanan, kok.

Kawasan Suaka Marga Satwa Paliyan Gunung Kidul
Kawasan Suaka Marga Satwa Paliyan Gunung Kidul | dok: kembalikejogja.com

Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul – Yogyakarta

Butuh kurang lebih satu jam perjalanan santai dari pusat kota gunungkidul untuk sampai ke Pantai berpasir putih yang ada di dusun Bolang, desa Girikarto, Kecamatan Panggang ini. Bagi kamu yang ingin berlama di daerah wisata ini, tenang saja, akan ada spot berkemah dan penginapan yang nanti kami bagikan penjelasannya di akhir. Menyusuri jalan besar Jalur Lintas Selatan (JLS) kamu tidak perlu repot-repot mengandalkan google maps, cukup ikuti saja jalan ke arah barat. Selanjutnya, kamu akan segera bertemu dengan ‘terminal’ wisata yang dipenuhi dengan bus-bus pariwisata.

Daerah tersebut akrab disebut oleh masyarakat setempat dengan nama ‘daerah Bulu Sawah’ atau pertigaan Bulu Sawah. Dikarenakan pada persimpangan jalan yang menuju pantai itu terdapat sebuah pohon bulu raksasa, sementara kata ‘Sawah’ sendiri merupakan nama dusun yang ada di sana. Sebelum lanjut perjalanan ke pantai Gesing, kamu bisa istirahat sebentar di ‘rest area’ sekitaran terminal tersebut. Aneka jajanan dan oleh-oleh bisa kamu coba, ada juga mini market di mana kamu bisa beli minuman dingin atau beli rokok.

Apabila kamu datang dengan rombongan besar, bus pariwisata terpaksa ‘parkir’ di jalan besar tersebut. Pasalnya, akses masuk ke Pantai Gesing belum mampu dilalui oleh kendaraan sebesar bus pariwisata. Dari pertigaan Bulu Sawah, masih terbentang jalan aspal sepanjang 5 kilometer jauhnya. Tenang dulu, kamu tidak disuruh jalan kaki atau naik ojek, kok. Sudah tersedia beberapa minibus yang siap mengangkutmu bersama rombongan ke tempat tujuan.

Wisata Pantai di Gunung Kidul:

Harga Tarif Masuk, Parkir, dan Wisata Tebing Barat Pantai Gesing

Alasan yang paling tepat untuk mengunjungi pantai Gesing selain wisata laut berpasir putih dan pelelangan ikan beragam jenis yakni adanya tebing yang sangat luas. Ya, tebing batu karang yang terletak di barat pantai tersebut memiliki luas yang hampir menyamai luas lapangan bola. Namun, jangan dibayangkan secara harfiah ya.

Untuk bisa memasuki area wisata, kamu akan melewati pos retribusi tepat di gerbang pantai Gesing. Eits, jangan khawatir soal antri, proses pembayaran retribusi ini dilayani oleh masyarakat pengelola wisata dengan sistem manual, yakni tanpa pos. Yang artinya kamu tidak perlu repot repot menunggu giliran di depan selesai.

Petugas yang biasa dilakukan oleh lebih dari satu orang akan menghampiri antrian di belakang sehingga proses retribusi berjalan dengan cepat.

Harga tiket masuk pantai Gesing kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar 8.000 rupiah per orang termasuk biaya parkir baik motor maupun mobil.

Dari tebing tersebut, pihak pengelola wisata pantai Gesing telah membuat jalan memutar di sekitaran tebing yang pastinya aman bagi para wisatawan. Dari tebing tersebut kamu bisa mengamati laut dengan embusan angin yang memanjakan mood-mu. Untuk kamu yang suka menikmati suasana damai dengan birunya lautan, tenang saja, wilayah sekitaran ini cukup luas untuk dilalui banyak orang. Kanan kiri jalan tersebut adalah bebatuan karang, jadi tidak ada pedangang atau asongan yang akan mengganggu liburanmu menikmati laut.

Tarif Masuk Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul
Tarif Masuk Wisata Pantai Gesing Gunung Kidul – Jogja | dok: Instagram

Kuliner dan Spot Foto Wisata Pantai Gesing

Daya tarik utama dari wisata Pantai Gesing ini adalah spot foto beragam serta jajanan yang bisa kamu nikmati dari atas tebing. View yang disajikan tempat makan ini begitu menawan mata, ditambah dengan bergam jenis menu seafood yang cukup bersahabat, kamu bisa memiliki semua kepuasan menutup edisi liburan di Gunugkidul.

Pihak pengelola wisata di Pantai Gesing sendiri merupakan kelompok masyarakat sekitar yang dibantu oleh dinas pariwisata daerah kabupaten Gunungkidul. Jadi, jangan heran kalau sebagian spot foto yang tersedia di tebing, seperti kapal-kapal, kursi meja, dan bingkai ‘Love’ tidak menarik biaya bagi yang ingin berfoto atau selfie di sana.

Kuliner dan Spot Foto di Wisata Pantai Gesing
Lokasi Kuliner dan Spot Foto di Wisata Pantai Gesing | dok: Instagram

Pantai Wisata Gunung Kidul Gesing – Jogja

Jika nantinya kamu merasa kurang puas dengan mengelilingi pantai sekaligus tebing di sekitaran pantai Gesing, kamu juga bisa menjajal wisata lainnya, seperti Teras Kaca, HEHA Ocean-view, atau pantai Kesirat yang letaknya bersebelahan dengan pantai Gesing. Buat kamu yang suka bermalam di alam, jangan khawatir, di Pantai Kesirat menyediakan padang rumput yang lumayan luas untuk berkemah bagi rombongan keluarga besar. Nah, bagaimana, tertarik untuk wisata pantai Gesing Gunung Kidul – Yogyakarta?

Tempat Wisata Yogyakarta daerah Gunung Kidul

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %