Wisata Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta
0 0
Read Time:3 Minute, 41 Second

Wisata Wonosari Gunung Kidul – Berbagai pilihan destinasi wisata di Provinsi Yogyakarta dapat kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Khususnya bagi kaula muda yang suka menjelajah alam, mendaki Gunung Merapi sangat cocok tentunya, terlebih lagi dengan suguhan pemandangan alam khas pegunungan, kamu tidak perlu khawatir edisi liburanmu bakal sia-sia. Yang pasti, dijamin menyenangkan.

Namun, kali ini kita akan memberi ulasan tentang wisata kota bagi kaula muda yang suka bepergian dan mencari keindahan wisata kota. Sayangnya, jarang sekali ada destinasi wisata kota yang ramah lingkungan, alias padat kendaraan. Pastinya kamu nggak bakal suka kalau liburanmu terganggu dengan kebisingan, bukan? Toh jika ingin wisata kota yang ramah lingkungan di kota-kota besar, kamu harus merogoh kocek dalam-dalam.

Wonosari Gunung Kidul – Yogyakarta

Ya, satu-satunya kota wisata dengan kepadatan populasi rendah yang bisa kamu kunjungi adalah Wonosari. Kota kecil ini terletak di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jarak tempuh kira-kira 1 jam perjalanan dari pusat kota madya. Di pusat kota Wonosari, kamu dapat melihat berbagai spot kuliner khas Gunungkidul, Alun-alun, Taman Kuliner Wonosari, serta mengunjungi pusat perbelanjaan terlengkap di jalan Sumarwi.

Penginapan di Wonosari Gunung Kidul

Untuk menikmati suasana syahdu alam perbukitan Gunungkidul, kamu dapat merogoh kocek sebesar 1.154.000 untuk menyewa 1 kamar per orang di Giri Wanara Glampring Resort lengkap dengan fasilitas wifi, kamar AC, dan restoran. Atau bagi kamu yang memilih tempat penginapan dengan minim budget, tenang saja, ada lebih banyak pilihan hotel yang memasang harga di bawah 300.000 Rupiah per kamar. Seperti Griya Limasan Hotel, Wisma Handayani, Alzara Hotel Syariah, dan lain-lain. Semuanya bisa kamu kunjungi sesuai minat wisatamu.

Wisata Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta
Wisata Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta: penginapan Giri Wanara Glamping | dok: tiket.com

Berjalan-jalan di pagi hari merupakan kesenangan tersendiri bagi wisatawan yang kurang menyukai tempat yang sesak dan ramai. Kota Wonosari memberikan suasana pagi yang menyenangkan, kamu bisa mulai booking kamar hotel melalui aplikasi traveloka, lalu datang ke kota Wonosari di sore hari. Suasana malam di sana juga tidak kalah menariknya, lho. Kamu bisa berkunjung ke arah utara Masjid Besar Al-Ikhlas, di sana terdapat ‘Wisata Taman Kuliner’ Wonosari.

Taman Kuliner Wonosari

Di Taman Kuliner kamu akan segera dimanjakan dengan berbagai jajanan yang dikemas dalam bentuk kafe yang unik-unik. Tak kalah menariknya dengan taman-taman yang ada di kota besar, di tempat ini kamu dapat memuaskan obsesi wisata dengan destinasi yang tidak sesak dengan pengunjung. Jika kamu beruntung, biasanya akan ada pertunjukan musik atau band indie yang manggung di gerbang masuk Taman Kuliner tersebut.

Taman Kuliner Wonosari Yogyakarta
Taman Kuliner Wonosari Yogyakarta | dok: kabarhandayani.com

Rekomendasi Tempat Wisata di Wonosari Gunung Kidul

Siapa yang tidak suka jalan-jalan pagi? Pastinya semua orang suka dengan kegiatan satu ini, terutama bagi wisatawan yang sengaja mengunjungi kota Wonosari untuk melihat Taman Kota sekaligus berbelaja barang-barang bagus di Jalan Sumarwi. Sebelum jam 8 pagi, matahari masih bersahabat untuk menemani segarnya liburan di kota Wonosari. Suasana taman yang rindang, view yang indah serta banyaknya spot berfoto di jamin bakal membuat edisi liburanmu bakal berlanjut tahun depan dengan judul ‘Ketagihan’.

Wisata Taman Kota Wonosari Gunung Kidul
Wisata Taman Kota Wonosari Gunung Kidul | dok: brisik.id

Selanjutnya, kalau kamu berkunjung ke kota Wonosari, pastikan untuk tidak lupa berjalan ke jalan Sumarwi. Ya, letaknya sangat dekat dengan alun-alun, cukup berjalan ke arah timur sejauh kurang lebih 500 meter. Sepanjang jalan menuju jalan sumarwi kamu bakal melihat kanan kiri penuh dengan pedagan yang sibuk menyiapkan barang-barangnya. Tepat di kiri jalan, terdapat Pasar Argosari, di mana kamu juga dapat melihat banyak barang unik dan menarik yang dijual di sana.

Sesampainya di pertigaan besar, Jalan Sumarwi tepat berada di utaramu. Nah, di sana tempatnya berbagai oleh-oleh souvenir dan banyak barang khas Gunungkidul lainnya dijual. Bagi kamu yang suka mengoleksi buku bacaan, jangan lupa masuk ke tok buku ‘Kutu Buku’ di sana banyak menjual majalah, koran, buku-buku bekas, alat tulis, modul, buku paket, novel, hingga poster-poster. Pokoknya tidak kalah menarik dan update dengan toko buku besar seperti Gramedia.

Wisata Wonosari – Gunung Kidul, Yogyakarta:

Eits, jangan ketinggalan juga, kamu bisa berkeliling memutari kota Wonosari dengan terus berjalan ke utara. Di sana ada lapangan belakang kota yang menjual aneka buah dan jajanan serta wisata kuliner seperti bakso, mie ayam, chiken food dan lain-lain. Atau rehat sejenak dengan membaca buku di perpustakaan kota. Nah, kamu bisa memilih, edisi liburan di kota wonosari juga menyediakan pasar malam di lapangan belakang kota. Tepatnya ada di depan gedung RSUD Wonosari Jalan Taman Bhakti. Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke kota Wonosari Gunung Kidul – Yogyakarta?

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
100 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %